Senin, 31 Mei 2010

what do you think?

halo. gue baru aja pulang sekolah. entah kenapa di sekolah gue hawanya tuh panas banget. keringetan terus. dan tentu saja, ketek basah.

gue baru aja dapet pengumuman dari sekolah tentang gimana nanti cara daftar SMA. terus dibagiin SKHUN & surat tanda kelakuan baik. terus dikasih tau juga kapan nanti masuk sekolah lagi. dan ternyata masuknya lagi tanggal 21 juni. ohmygoat, lama sekali gue liburan! 3 minggu! duh bakalan lumutan deh gue kalo dirumah terus nih. mesti nyari kegiatan! ayo cari radit! ayo! hmm ada yang punya saran ga? gue bingung nih dirumah ngapain. bosen banget.

pas lagi di sekolah, pengennya libur. eh pas libur, pengennya sekolah. huh

i miss my school
i miss my friends
i miss my girl
i miss homework
i miss my ordinary toilet at school

i miss you all!


oke btw, kemaren gue lagi iseng iseng buka youtube, eh gue nemu di halaman utama ada video yang judulnya "Indonesian baby on 40 cigarettes a day" ohmygoat. itu berita emang udah berminggu minggu yang lalu ada di tv dan gue kira cuma orang indonesia doang yang tau. eh gak taunya sampe banyak negara di luar sana yang tau. parah ckck.

ini gue kasih liat printscreennya
kasian banget itu bocah

tuh, gimana menurut lo? parah kan? mana sampe banyak yang komen lagi. tapi katanya sekarang dia udah mulai sedikit gak ngerokok lagi. bagus deh

oiya, akhirnya setelah lama ditunggu-tunggu. MMJ alias marmut merah jambu, sebuah novel karangan raditya dika udah keluar! ini dia bukunya

gayanya (dan mukanya) benar-benar seperti marmut!
nah silahkan di beli kalo ada yang berminat! harganya gue belom tau berapa, tapi silahkan cari di pet shop terdekat ya! eh salah, toko buku maksudnya.

kata orang-orang yang udah baca bukunya, buku ini lebih bagus dari buku sebelum-sebelumnya, terus kocak banget, dan juga hm udah beli bukunya aja dah biar tau.

mau beli ahhh~

video

oiya, seperti janji gue di postingan yang sebelumnya, ini video yang gue buat pas liburan, gak ada kerjaan. cuma modal kamera pocket sama tripod trus gue bikin di after effect. enjoy walaupun cuma bentar hehe :D

howdy!

halo apa kabar nih blog gue? akhirnya gue posting juga ya. udah lama gak posting. gue gak ada waktu maklum. hmm bukan gak ada waktu sih, gue gak ada ide!
gue sebenernya udah banyak postingan di draft gue.tapi itu semua postingan gagal, alias berenti di tengah-tengah. lagi asik nulis, eh tiba-tiba gak ada ide, gue mau relax sebentar biar dapet ide eh pas nulis lagi jadi males. yaudah akhirnya menjadi sampah-sampah di draft.

hmmm.. (tuh kan gue gak ada ide lagi)

oiya, udah lewat beberapa minggu dari pengumuman hasil Ujian Nasioal. dan gue rela-relain tidur jam 12 malem, malem jumat lagi. tapi ternyataaa, pengumumannya itu baru keluar besoknya jam 10 pagi. sigh
pas 5 menit sebelum hasil pengumuman. gue keringet dingin, deg-degan, nerfous, gue takut gak lulus. gue langsung close all tabs di browser gue, takut nanti kalo ngedownload nilai jadi lemot. gue membaca bismillahirahmanirahim dan gue liat nilai gue. TERNYATA gue lulus dengan nilai yang memuaskan! alhamdulillah ya allah. gue seneng banget. gue lega. usaha gue selama berbulan-bulan ternyata gak sia-sia. sekali lagi, alhamdulillah.

but ada juga yang nasibnya kurang beruntung, mereka yang nilainya kurang, harus ikut ujian ulangan tanggal 17-20 mei.hmm buat semua yang kurang beruntung, jangan menyerah teman! kegagalan hanya keberhasilan yang tertunda kok. tapi asalnkan jangan gagal terus. bagi semua anak-anak yang mengikuti ujian, gue tau lu bisa, gue tau udah belajar semaksimal mungkin dan lu juga akan dapet hasil yang sesuai dari tingkat belajar lu kok. makanya belajar yang bener ya biar hasilnya bagus.
dan doa dari gue,  mudah-mudahan mereka semua yang mengikuti ujian ulangan tanggal 17-20 mei ini, mendapat hasil yang memuaskan, dan nilainya cukup utk masuk ke SMA yang mereka inginkan. amin

sekarang gue mau ngomongin tentang kunci jawaban.

banyak banget kunci jawaban yang beredar menjelang ujian nasional. ini udah terjadi bertahun-tahun sebelum angkatan gue sampe sekarang. awalnya gue ga percaya, ah masa kunci jawaban bisa bocor gitu sih, eh pas beberapa hari menjelang ujian nasional gue baru percaya. berita di tv yang ngasih tau soal ujain nasional bocor dan ada kunci jawabannya juga.gue merasa agak seneng dan agak sedih.

gue seneng siapa tau gue dapet kunci jawaban dan bener semua, dan tentu saja nilai gue bagus.

gue sedih karena kalo gue dapet kunci jawaban dan ternyata salah semua, dan tentu saja nilai gue jelek.

pas hari pertama ujian nasional, gue ngeliat ga ada yang pake kunci jawaban. oke gue ngerjain dengan beberapa jawaban hasil nembak. hari kedua ujian nasional, gue udah dapet beberapa kabar dari temen gue yang ternyata mereka dapet kunci jawaban. dan tanpa basa-basi gue langsung minta. temen-temen gue juga pada minta. dalam beberapa detik saja, si penemu kunci jawaban di kerubungi oleh anak-anak yang mau kunci jawaban. seperti orang-orang yang menemukan monyet spesies baru, berkepala ular, berkaki laba-laba. btw, gue langsung tulis di kertas kecil kunci jawabannya. gue selipin di kantong ato ngga di tempat pensil. dan pas ujian berlangsung gue ngerjain soal-soal yang gue anggap gampang dulu, yang susah gue tinggalin.

dan akhirnya sampe juga di soal terakhir yang gue anggap gampang. nah sekarang gue mau ngerjain soal yang susah, gue mau geliat kunci jawaban. hmm tapi pas gue mau liat kunci jawaban, ada sesuatu yang terintas di benak gue. yaitu kata-kata dari ibu dan bude gue, dia bilang kalo orang yang pas ujian pake kunci jawaban, pasti nanti masa depannya gak bener, alias buruk. gak bisa dapet kerja, kerjanya ganti-ganti alias ga tetap, gak bisa cari penghasilan. ibu dan bude gue juga sempet ngasih contoh orang-orang yang (katanya) pas ujian pake kunci jawaban, dan ternyata bener kata ibu dan bude gue! mereka sekarang kerjanya gak tetap, malah sampe ada yang gak dapet pekerjaan sampe bertahun-tahun. gue langsung sadar dari lamunan itu, dan saat itu juga, gue ga pake kunci jawaban, gue kerjain sendiri, murni hasil jerih payah gue. kunci jawabannya gue robek dan gue buang. gue ga peduli lagi soal kunci jawaban. buat apa belajar berbulan-bulan dan ujung-ujungnya juga pake kunci jawaban. hah?

ada beberapa temen gue yang pake kunci jawaban sama yang ngga.muka mereka sama, muka mereka menggambarkan rasa puas karena telah mengerjakan ujian sampai selesai. tapi ada 2 puas, puas karena ngerjain dengan usaha sendiri dan puas karena ngerjain kunci jawaban.

pas pengumuman UN tiba, gue sempet ngecek beberapa nilai temen gue yang saat ngerjain ujian pake kunci jawaban, dan rata-rata nilai mereka turun alias kecil! bahkan ada yang ga lulus alias mengulang! astagfirullahalazim, udah pake kunci jawaban harusnya nilainya bagus dong. ye gak?
dan gue liat nilai temen-temen gue yang murni tanpa kunci jawaban, nilai mereka rata-rata bagus! tinggi! memuaskan! waah ternyata allah memang baik, yang benar, yang menang.

tapi ada juga beberapa temen gue yang memakai kunci jawaban. dan mereka nilainya bagus! mungkin mereka pake kunci jawabannya yang agak berkelas, yaitu dengan membayar. bukan yang ecek-ecek, yang gratis yang disebarkan memalui kertas.mungkin kunci jawaban juga menunjukan, ada harga, ada kualitas. semakin mahal semakin bagus, semakin murah semakin abal.

nilai bagus hasil kerja keras secara murni dan nilai bagus hasil kunci jawaban itu ada bedanya. kalo nilai bagus hasil kerja keras murni, rasanya gimanaaa gitu. pokoknya lega gitu deh rasanya. kita udah belajar sekuat tenaga, hasilnya juga bagus, tanpa kunci jawaban lagi. waaah
dan kalo nilai bagus hasil kunci jawaban, pasti rasanya ada yang agak nge ganjel gitu di pikiran.hari gini dapet nilai bagus tapi gak murni? apa kata dunia? siapa suruh pake kunci jawaban! makanya pikir dulu sebelum pake kunci jawaban! hahaha

gue juga salut sama temen-temen gue yang nilainya standar tapi tanpa menggunakan kunci jawaban. gue lebih suka nilai standar tanpa kunci jawaban alias murni daripada nilai tinggi alias bagus tapi pake kunci jawaban. payah

saran dari gue, sesusah apapun ujian nasional, cobalah dengan usaha kerja keras kita sendiri, yaitu dengan tidak menggunakan kunci jawaban, dengan itu kita bisa tau seberapa tingkat kita. kalo hasilnya bagus, ya berarti lu pinter. kalo hasilnya kurang bagus, ya berarti lu harus belajar lebih rajin lagi.
pokoknya jangan pake kunci jawaban saat ujian nasional! tapi kalo mau pake, ya terserah lu, lu akan dapet resikonya sendiri.

tapi pas ulangan harian biasa, pake kunci jawaban juga gapapa hahaha (sesat)

oiya beberapa minggu terakhir ini, gue lagi sibuk-sibuknya bikin video gitu. cuman modal webcam ato ngga tripod sama kamera pocket jadilah sebuah video yang superduper gak jelas. gue pake adobe premier & after effect buat bikn video itu. nanti mungkin postingan selanjutnya gue masuk-masukin videonya disini.

see you later friends!

nb: sorry kalo kata-kata gue gak enak pas tadi ngomongin kunci jawaban. gue lagi emosi pas nulis ini. hehe enjoy aja ya!